Senin, 18 April 2011

Definisi Perdagangan internasional


Perdagangan internasional merupakan salah satu kegiatan yang sedang trend dilakukan saat ini. Baik dilakukan oleh negara berkembang ataupun negara maju. Perdagangan ini dapat terjadi apabila terdapat dua negara yang saling bersepakat untuk melakukan perdagangan Jadi dapat dikatakan dalah perdagangan antarnegara atau lintas negara, yang kegiatan utamanya mencakup ekspor dan impor.

Pertimbangan suatu negara untuk memilih apakah menganut perekonomian terbuka atau perekonomian tertutup didasari oleh idealisme (paham) negara tersebut. Namun, boleh dikatakan, seluruh negara saat ini telah menganut sistem perekonomian terbuka dikarenakan mereka menyadari akan pentingnya perdagangan internasional bagi perkembangan perekonomian negara (faktor penyebab perdagangan internasional). Dan untuk mempermudah dalam memahami perdagangan internasional, para ahli telah merumuskan teori tentang perdagangan internasional.

Seperti yang kita ketahui, sudah menjadi sifat dasar manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Semakin banyak manusia, semakin banyak pula kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dahulu, manusia menggunakan kegiatan tukar menukar barang (sistem barter) untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu, manusia menciptakan alat tukar (misalnya : uang) untuk mempermudah kegiatan ekonominya, dan sistem pun beralih ke sistem perdagangan. Kemudian, manusia mengelompok dan akhirnya membentuk suatu negara. Sejak saat itu, kebutuhan menjadi semakin membesar sehingga memicu timbulnya perdagangan internasional.

Pelaksanaan perdagangan antar negara (Internasional) lebih rumit dan kompleks dari perdagangan dalam negeri. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena perdagangan internasional melintasi batas-batas negara dan berhubungan dengan negara/ pemerintah lain. Padahal setiap negara mempunyai sistem ekonomi, mata uang, sistem tata niaga dan peraturan perpajakan/ bea cukai masing-masing, bahkan mungkin juga sistem takaran/ ukuran/ timbangan, dan standar mutu yang berbeda.

Perdagangan internasional melalui kegiatan utamanya yaitu berupa ekspor dan impor, merupakan salah satu sumber pendapatan negara (dalam bentuk devisa)

Perdagangan internasional dibagi menjadi dua kategori, yakni perdagangan barang (fisik) dan perdagangan jasa. Perdagangan jasa antara lain terdiri atas biaya transportasi, perjalanan (travel), asuransi, dan jasa konsultan asing.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review